Selasa, 20 Desember 2011

Kenekatan Pertama ( CHAPTER 2 : ADA CINTA DALAM BUS KOTA)


Gue akan selalu nginget tanggal itu, 20 Oktober 2011. Tanggal yang tepat pada hari Kamis itu adalah kedekatan pertama gue pada Meima. Ketika itu, gue udah netapin keputusan gue untuk nemuin Meima. Gue udah nunggu lama, dari jam 7 sampai jam 3. Emang waktu itu, jam belajar gue sedang kosong.
Gue sudah nggak sabar pengen bisa deket dengannya. Telah banyak cara untuk menjalankan misi gue tersebut.
Nah, ini cerita waktu misi gue berjalan.
Hari itu adalah hari Selasa. Gue duduk di belakang, eh dianya ada di depan karena di belakang di dalam bus sudah penuh. Padahal itu kesempatan yg bagus buat deketin dia. Gue akhirnya hanya minta tolong sama Ubed untuk memotretnya.
Dengan aksi lihainya dia pun beraksi, dan akhirnya gue pun diberi hasil jepretannya. Dan ternyata ada 1 foto yg bikin gue ketawa bercampur seneng bila nglihatnya. Pas itu, raut muka Meima berekspresi kosong, sambil ndongak ke atas kayak orang mau taubat.
Keesokan harinya, gue pun mencoba untuk membuat nasib gue mujur. Gue pindah ke depan. Eh ternyata depan malah penuh, dianya jadi di belakang.
Sial. Bukannya untung, gue malah buntung.
Esoknya lagi, pas hari Kamis, nasib gue ternyata sama saja. Yang dapet enak justru Thrisna.
Thrisna waktu itu juga duduk di bangku paling belakang, di deket Meima yang lagi berdiri pas di depannya.
Emosi gue waktu itu labil. Gue bukan emosi dengan keberuntungan yang justru didapet Thrisna. Tapi, gara-gara kejadian yang menjijikkan ini.
Waktu itu, bus sangat rame. Dan, Meima di belakang ternyata digodain sama om-om. Dipegang pundaknya. Yang paling bikin gue nggak terima, adalah saat dipegang-pegang itunya (gue nggak ngiri). Waktu itu, Thrisna ngelihat semuanya dan nyeritain ke gue yang ada di depan lewat SMS. Gue pengen banting ponsel gue pas baca SMSnya. Kalau gue ada di belakang, gue pasti akan berusaha ngerjain om-om itu. Gue bakal suruh Meima minggir, dan gue gantiin. Biar nyahok tuh om-om, kalo ganti pegang-pegang pundak gue.
Waktu turun dari bus, Thrisna bercerita lebih rinci. Emosi gue makin memuncak. Dan akhirnya dua tiang rambu-rambu di pinggir jalan jadi pelampiasan emosi gue. Gue pukul tiang yang ternyata dari besi dengan keras sekali. (Elo pasti gak nyangka ya, kok gue kuat mukul tiang besi itu? Sama, gue juga gak nyangka. Tapi apa yang nggak mungkin sih dalam cinta?). Wah, gue bukan orang yang kasar dan gue juga agak gak seneng sama orang yang kasar. Tapi kejadian tadi sangat-sangat nggak mengasyikkan bagi gue.
Hari Kamis yang suram.

Seperti yang udah gue ceritakan tadi, gue nunggu Meima di halte pas hari itu lama banget. Sampai gue ngorbanin waktu gue sampai jam setengah 3 buat nungguin dia pulang biar bisa barengan sama dia. Ubed dan Thrisna gue juga nglakuin hal yang sama untuk ngebantu gue. Selain itu, di halte saat itu juga ada Maria dan Novi.
Waktu itu, bus belum juga ada padahal sudah hampir 1 jam sejak bus terakhir berangkat jam 2. Saking lamanya, Meima yang biasa nunggu bus di depan sekolahnya pun memilih untuk nunggu bus di halte buat ngepastiin busnya ada apa nggak. Gue seperti kejatuhan durian pas lihat dia.
Maria dan Novi malah memojokkan gue. “Hayo Mus.. Siapa itu? Siapa itu?” Gue nutup kuping. Gue salah tingkah. Gue langsung milih pergi sejenak dari mereka buat nahan malu. Entah Meima tahu apa nggak kalau gue dan temen-temen gue itu punya siasat agar gue bisa deketin dia. Gue malu banget.
Setelah nunggu agak lama dan bus tak kunjung ada, lalu tibalah mobil cherri, mobil komersial yang biasanya menjadi tumpangan alternatif selain bus. Dan, yang gue sayangin, ternyata Meima hendak naik mobil itu. Sontak Maria dan Novi langsung berteriak dengan kerasnya, “heh, jangan naik. Jangan naik.”. Entah hal apa yang ngebuat Meima nggak jadi naik mobil itu, apa dia ngedenger teriakan Maria dan Novi, atau emang lagi nggak mood. Yang pasti gue agak lega waktu itu.
Yang kedua, ada bus eksklusif ber-AC datang. Bus ini sudah sangat rame dan penumpang yang berdiri pun sudah banyak. Beberapa orang di halte naik bus itu. Gue lihat Meima juga hendak naik. Tapi, entah apa juga yang ngebuat Meima nggak jadi naik. Mungkin karena sudah sesak dan ramai.
Yang ketiga, ada bus baru datang lagi. Gue tahu, pasti Meima nggak naik bus itu. Secara, bus AC yang sudah rame saja dia nggak naik, apalagi bus yang biasa saja seperti ini? Ternyata, dugaan gue salah. Meima justru naik bus itu. Gue kaget dan bingung. Gue dilema. Gue mau naik, tapi sudah rame dan gue masih grogi. Tapi kalau gue nggak naik, usaha gue hari ini bakal sia-sia. Temen gue juga bakal ilfil sama gue kalau gue nggak jadi usahain hari itu bakal berhasil.
Lalu, dengan segala kesiapan gue, gue spontan langsung berlari kayak dikejar tukang kredit yang mau nagih hutang. Gue ngejar bus itu. Gue akhirnya berhasil ngejar tuh bus. Gue naik bus itu, eh ternyata pas lagi masuk Meima ada di hadapan gue, di deket pintu masuk.
Gue tertegun.
Gile.
Gue diem.
Bengong.
Tanpa sadar, gue ngehalangin pintu masuk bus. Kondektur bus yang masih di luar bus marah-marah karena nggak kebagian tempat. Gue sempet berpikir lebih baik dia ditinggal diluar, biar nanti gue gak usah bayar transportnya. Tapi, berhubung gue takut kalau-kalau nanti gue bakal dijambak keluar dan justru dimasukin bagasi, gue akhirnya ngasih dia tempat. Untungnya, Meima ada tepat di sisi kanan gue. Peluang bagus. Namun, gue juga agak kepepet, karena pas itu juga ada temen sekolahnya.
Gue emang rada sableng waktu itu. Gue sangat tergesa-gesa dan overspirit. Hingga tanpa sadar, temen-temen gue ketinggalan di belakang. Gue ternyata baru nyadar kalau gue senekat itu. Gue lihat temen-temen gue malah ga naik bus itu. Mereka hanya angkat-angkat jempolnya kayak mau joget. Tapi, mereka sudah buat semangat gue memuncak. Gue ngerasa bangga waktu itu. Gue bener-bener gak nyangka bisa nglakuin hal gila itu. Di satu sisi, gue ngerasa bodoh didalam bus itu, berdiri sendirian tanpa mereka.
Anjrit.
"Mati deh gue", pikir gue waktu itu.
Gue lihat ke belakang, ternyata nggak ada satupun anak yang se-sekolah sama gue di bus itu. Kesempatan emas nih, nggak bakal ada yang ngliat aksi gue.
Jantung gue saat itu dag-dig-dug tak tentu. Sepertinya gue ngerasa, cacing-cacing di perut gue sedang disko. Saking meriahnya, buat jantung gue dag-dig-dug begitu. Kaki gue pun tak kalah bergetar hebat. Alis gue kedat-kedut. Mata gue kunang-kunang. Rambut gue rontok. Ini gue sebetulnya kenapa sih. Gue jadi bingung sendiri.
Gue pun memberanikan diri memulai pembicaraan dengan Meima setelah gue coba tenangkan diri gue sejenak.

"Dek, kamu dulunya dari SPENSA ya?"
Meima gak denger. Gubrak. Gue ulangi tanya lagi.
"Dek, kamu dulu dari SPENSA ya?"
Dia pun liat gue, dan njawab. "Ya"
(dalam hati gue, masa cuma dijawab 'ya'?)
Gue nggak coba tuk nyerah. Gue tanyai dia lagi.
"Yang skul di SMASAPA dari SPENSA ada berapa orang dek?"
 "Mmm.. berapa ya..kayaknya sih ada 10 orang."
Gue nanya lagi.
"Pelajaran di SMASAPA itu pake bahasa Inggris ya dek?"
"Ya, biasanya sih pake Inggris. Biasanya Indonesia."
Gue berani nanya lagi.
"Kok nggak pengen sekolah di Kudus kenapa dek?"
"Nggak apa-apa. Pengen di Pati aja."

Gue terpojok. Gue nyerah menghadapi orang yang beginian. Daripada kalo gue ntar nanya terus, bisa-bisa dia ngludah ke muka gue. Gue saat itu dalam hati ngerasa betapa bodohnya gue. Gue kayak ngobrol sama guling gue sendiri. Sebagai lelaki, gue ngerasa gagal.
"Meima, kenapa elo ga nanyain gue? Kenapa elo kayak ga tau kalau gue ini kakak kelas elo dulu? Kenapa harga diri elo terlalu tinggi? Kenapa Amira jadi anaknya Tuan Prabu? Kenapa?” (udah, gue kapok ketularan sinetron lagi) dalam hati gue bergejolak.
Hina.
Hancur deh harga diri gue di mata Meima.
-_____-
Gue diem. Dia diem.
Tapi, gue kaget. Tiba-tiba tangannya dipindah di samping tangan gue yang sedang pegangan di bus. Sebelumnya, tangan gue dan dia dipisahkan sama tangan orang tua. Apalagi, gue gak nyangka, tangannya mepet-mepet tangan gue. Gue gak mau kalah. Gue gunakan kesempatan emas itu. Gue dengan liciknya juga mepet-mepetin tangan gue dengan tangannya. Dan akhirnya, gue pegang tangannya.
Lebih jelas lagi, GUE PEGANG TANGANNYA.
Oh God, gue gak pengen teriak dan ketawa keras di bus itu. Tapi, gue inget, gue ada di dalam bus umum. Ntar kalau gue lakuin, gue dikira orang gila penyakitan rabies yang nyasar di bus itu. Dari pertama gue ngejar Meima, baru kali ini gue sangat amat teramat deket sekali dengan Meima. Bahkan kami berdempetan. Di saat-saat seperti itu, gue masih sempet-sempetnya ngebandingin kecerahan kulit tangan gue sama tangannya. Gak jelas banget tingkah yang gue lakuin. Jelas gue kalah. Kulitnya sangat putih. Dalam hati, gue berdecak kagum. Kulitnya juga lembut banget. Maklum lah anak cewek. Beda dengan kulit kaum pria yang kasar dan tebalnya kayak kulit badak. Pikiran gue saat itu melayang tak jelas. Sentuhannya gue rasakan kayak sentuhan ibu gue sendiri. Gue terdiem merenung. (God, it’s the POWER OF MOTHER)
Setelah agak lama hal mengesankan itu terjadi, tiba-tiba anak kecil yang hendak turun lewat di antara kami. Nggak enaknya, Meima malah kegeser ke belakang. Gue pun dengan gilanya ngikutin dia geser ke belakang.
Gue gile.
Tapi, setelah gue juga ikutan geser, gue justru nggak bisa nglakuin apa-apa waktu itu. Hanya nglirik dia pas dia nggak tahu. Pas dianya tahu? Gue pira-pura lihat ke luar jendela atau lihat pak sopir. Liciknya gue. Gue sebenernya masih agak kepepet karena ada temen sekolahnya. Gue gak bisa bebas sebebas-bebasnya.
Gue diem terus deh sampai akhirnya pas itu ada banyak banget anak kecil mau turun. Mereka berdesak-desakan dan malah memisahkan gue dan Meima yang awalnya berdempet. Meima pun tiba-tiba bilang sambil agak ketawa, “Maju dong dek, jangan menuh-menuhin jalan.” Gue hanya tersenyum lihat Meima. Meima waktu itu juga tersenyum. Gue ngebantu mas-mas di belakang yang nyoba ngasih tas yang ketinggalan ke anak-anak tadi. Eh, kayaknya gue malah dikira mau maling tas oleh anak-anak kecil tadi. Pas gue ngebantu mereka waktu itu, ternyata Meima nglihat gue. Gue jadi salah tingkah. Dalam otak gue, “oh”. Dalam hati gue, “bodoh”.
Relativitas ternyata adalah hal yang sangat gue sayangkan waktu itu. Waktu yang singkat bersama Meima berakhir ketika bus akan sampai di daerah Bulung Cangkring wilayah Jekulo Kudus. Dia geser ke depan karena hendak turun. Sekarang dia ada disisi gue yang lebih deket lagi dengan gue. Gue lihat, kayaknya dia bingung mau pegangan apa, karena semua pegangan sudah penuh. Gue sih berharap waktu itu bus ngerem ndadak, biar Meima jatuh dan gue bakal tertawa keras nglihat itu. Tapi, kasihan juga ntar dianya. Andai gue berani dan lebih gile atau nekat, gue bakal bilang “dek, ini tanganku masih kosong. Kenapa nggak pegangan sini saja?”. Tapi gue urungkan niat gila gue itu. Ntar, dikira gue ganjen lah, mupeng lah, apa lah.
Tapi, dari semua kejadian itu, kayaknya kehadiran gue bagi Meima masih dianggap kayak orang asing. Gue tahu itu. Dianya turun bus, eh malah ga pamit-pamit sama gue. Cuma sama temen sekolahnya yang masih ada di dalam bus dekat gue juga. Gue pun sadar karena kata sahabat-sahabat gue, emang kalau belum akrab biasanya begitu.
Gue cuma ambil sisi positifnya. Paling nggak, gue udah ngerasa seneng banget bisa pegang tangan Meima. Gue udah ngerasa nyaman banget liat senyumannya. Gue udah ngerasa bahagia banget ngerasakan saat-saat dia tepat ada didekat gue. Saat dia sudah turun dari bus pun, gue masih dengan ganas tetep nglihatin dia dari dalam bus.
Waktu Meima telah turun bus dari tadi dan gue sendirian di dalam bus itu, gue dilirik dan dipelototin sama orang seumuran gue. Awalnya, gue berfikir pasti dia kekasihnya Meima, satu sekolah dengan Meima. Tapi, ternyata nggak. Dia nggak satu sekolah dengan Meima. Dia kayaknya sekolah lebih jauh dari sekolah gue. Gue nggak tahu, alasan kenapa dia lirikin dan pelototin gue. Gue lihat dia. Lalu gue memalingkan muka sejenak. Gue lihat dia lagi yang ternyata masih nglirikin dan pelototin gue. Dalam hati gue hanya bertanya-tanya: asem, kenapa nih orang?
Gue sih enjoy aja. Gue pikir sih dia iri sama gue. Gue ketawa dalam hati. Emang sih, mungkin banyak orang di bus itu ngira gue sama Meima habis pacaran di bus itu.
Yang bikin gue gak enjoy, gimana kalau ternyata dia ganjen sama gue? Gimana kalau dia tiba-tiba kedipin matanya ke arah gue? Merinding bulu kuduk gue.
Setelah kejadian yang bikin harga diri gue anjlok drastis ini, dan Meima yang bersikap sinis pada gue, gue hanya bisa berkata dalam hati : “Meima, betapapun, gue tetep akan ngejar elo sampai titik darah penghabisan gue. Sampai kumis gue tebel. Sampai Syahrini punya jakun. Sampai sinetron Putri yang Ditukar nggak selesai-selesai bahkan hingga episode ribuan sekalipun. Sampai gue bisa jagain elo di bus biar nggak digodain sama om-om lagi.”
Sampe sekarang, gue masih muter otak, bagaimana caranya agar gue bisa lebih akrab sama Meima. Dan, gue tak habis pikir, gue bisa mewujudkan keajaiban gue. Nglakuin sesuatu yang gue pikir gue ga mampu melakukannya.
Anyway, yang namanya cinta itu memang butuh pengorbanan. Apapun itu, bila pengorbanan makin besar, maka semakin besar pula rasa cinta yang akan terbentuk nantinya. Semakin sulit mendapat cinta, harusnya semakin sulit pula melepasnya.
Gue masih bakal selalu ngelakuin hal gila mulai saat kejadian itu. Gue bakal lawan ketakutan gue sendiri. Gue bakal buktiin, gue bakal bisa lakuin segalanya demi Meima. Seperti kata Bryan Adams, Everything I do I do it for you.

0 komentar:

Posting Komentar