Selasa, 20 Desember 2011

Tomboymu Mengalihkan Duniaku (CHAPTER 3 : ADA CINTA DALAM BUS KOTA)

Kehadiran Meima di hidup gue telah membuat diri gue berubah, termasuk berubah tambah gila. Entah apa kekuatan magis yang dimiliki Meima hingga membuat gue menjadi seperti ini.
Entah apa yang ngebuat gue justru makin berusaha lebih akrab dengan dia, padahal udah jelas waktu Kamis lalu gue nggak enak ngomong sama dia. Gue juga masih inget hari-hari sebelumnya dimana gue juga berusaha ngedeketin dia.
Waktu itu, dia duduk tepat di belakang bangku gue. Disamping gue ada Thrisna. Karena gue waktu itu belum siap, gue cuma mau dapet pandangan-positif dari Meima pada diri gue. Dengan tingkah gila gue, gue ngeluarin buku Matematika yang tebel dan sangat gede. Gue baca tuh di tempat duduk gue di dalam bus itu. Sebetulnya, waktu itu gue udah ngrencanain buat nyamperin Meima. Thrisna yang ada disamping gue langsung ngeluarin hape dari sakunya, pura-pura mau motret sawah yang ada di pinggir jalan. Tambah nggak jelas lagi yang dia lakukan.

Dalam hati gue, “mulai gila deh nih orang. Wah, bisa-bisa Meima pertama nganggep temen-temen gue gila dan akhirnya gue malah juga dianggep gila dan norak.”
Dia memojok-mojokkan gue untuk nyamperin Meima waktu itu. Dia pun membuka aplikasi stopwatch di hapenya, dan ngomong, “gue akan hitung seberapa lama elo diem begini, dan seberapa lama elo nanti akan ngobrol dengan Meima”.
Gue masih diem sambil pura-pura serius baca buku gue. Thrisna yang masih ngitung waktu pake stopwatch ngintip Meima yang ada di belakang. Dan katanya, Meima lihat buku gue dan keseriusan gue baca buku itu.
God, akhirnya berhasil juga apa yang gue inginkan. Gue agak seneng. Sampai akhirnya gue ngerasa bodoh, pas beberapa hari kemudian, gue lihat di status facebooknya Meima yang ternyata dia kurang begitu menyukai rumus-rumus hitungan.
Gue ngerasa gagal. -_-
Dulu, Meima juga pernah duduk di belakang bangku gue. Pas itu gue juga ada di samping Thrisna. Dan Ubed berada dibangku seberang gue dan Meima. Saat itu, adalah saat pertama Ubed melancarkan aksinya sebagai seorang paparazi. Dia pun jeprat-jepret dengan santainya tanpa nglihat Meima waktu itu nyadar apa nggak kalau sedang dipotret.
Sebelumnya, Ubed nanya ke gue, berapa ukuran foto yang gue inginkan. Tentu saja nggak blak-blakan, tapi kita ubah omong-omongan kita tadi pura-pura bicarakan tugas membuat makalah.
Gue jawab terserah.
Dia lalu nunjukin hasilnya sambil ngomong, “gimana? Hasilnya bagus kan?”.
Gue berpikiran Ubed keceplosan ngomong kayak begitu. Gue langsung bolak-balikkan omongan, “Apa gambar di cover nantinya nggak bisa dibuat gedean dikit? Kan biar covernya kelihatan penuh gitu.” (Sekarang, elo pasti berpikir, masa iya di ponsel dipake buat ngerjain tugas makalah?)
Terkapar.
Sudahlah, yang penting, gue akhirnya dapet foto-foto pertama hasil jepretan paparazi gue.
Telah banyak cara gue lakuin buat akrab dengan Meima. Sifat tomboy yang Meima miliki, sangat-sangat menyulitkan gue untuk dekat dengan dia. Buat deket dengan dia saja sulitnya bikin gue makin gila, apalagi untuk ngedapetin nomor ponselnya?
Gue pernah coba pinjem majalah tahunan SMP gue. Biasanya di situ ada nomor ponsel anak-anak lulusan tahun itu.
Gue berhasil ngedapetin nomor ponsel Meima. Yesssss....
Gue sumringah sekali waktu itu. Rasanya gue seperti membelah atmosfir berlapis-lapis, meluncur bareng paus akrobatis, menuju ke rasi bintang paling romantis, sambil nahan pipis.
Gue siapkan ponsel gue. Gue langsung coba misscall.
Dan senyuman gue musnah, pas akhirnya, “Maaf, nomor yang anda tuju sedang tidak aktif. Cobalah beberapa saat lagi.”
Besoknya gue coba misscall lagi, ternyata sama saja.
Mind-creet deh gue.
Sejak itu, gue akhirnya ngubah prinsip gue. Gue nggak mau pake cara instan buat ngedapetin nomor ponsel Meima. Thrisna juga pernah nawarin gue bantuan untuk minta nomor ponsel Meima ke tetangganya yang juga bersekolah di SMASAPA dan seangkatan dengan Meima. Tapi gue nolak. Kalau caranya begitu, gue nggak bisa ngerasakan perjuangannya. Masa pake cara yang instan?
Paling nggak, dari minjem majalah itu, gue akhirnya tahu alamat rumah Meima, yang ternyata sangat jauh jaraknya dari rumah gue. Gue juga dapet fotonya Meima yang waktu itu berpose sambil pegang pistol-pistolan bagai Lara Croft. Gue semakin yakin kalau Meima emang cewek yang tomboy. Tapi, gue juga tahu di facebook, kalau Meima itu sense humornya sangat tinggi. Dan, yang paling gue suka, yang gue dapet dari timeline kiriman dinding facebooknya, gue pun tahu kalau Meima di rumahnya katanya memelihara ayam.
Gue selalu mikirin Meima. Gue selalu ngebayangin dia. Bagaimana cara dia ngrawat ayamnya padahal dia anak cewek?
Gue cengar-cengir.
Gue anggap, memelihara ayam itu gampang-gampang susah (meskipun gue nggak bisa)
Gue pernah memelihara ayam saja malah mati semua kok. Gue gak profesional. Gue sebagai lelaki ngerasa malu, kalau kalah sama Meima masalah ayam. Jadi, sejak saat itu juga, gue jadi belajar tentang ayam-perayaman. Gue jadi antusias jika temen-temen rumah gue ngobrol tentang ayam. Gue jadi pengen memelihara ayam.
Tapi, keinginan gue itu kayaknya nggak bisa diwujudkan. Secara, gue di rumah punya kucing yang rakusnya minta ampun. Bapak dari bapaknya kucing itu pernah makan ayam tetangga gue.
Untungnya, kucing yang sekarang gue pelihara nggak serakus itu.
Tapi, gue masih ragu, kalau nantinya kucing gue ternyata sama kayak generasi sebelumnya dari kucing-kucing peliharaan gue. Jadi kayak siluman serigala, ntar pas bulan purnama, malah ayam gue mati semua.
Kucing gue sangat malu-maluin keluarga gue. Karena, kucing gue juga keturunan kucing dengan kehandalan dalam hal maling yang sukanya maling lauk tetangga-tetangga gue. Apa kucing gue nggak ngerasain kayak gue ya? Apa nggak malu tuh kucing gue, kalau dilihat kucing lain (tetangganya)?
Kucing gue lebih gila dari gue.
Kalau gue jadi pelihara ayam, mungkin saja rumah gue bakal kayak kebun binatang. Ada ayam. Ada kucing. Ntar ada hewan yang lain pada ngikut.
Kalau nginget Meima, gue jadi keinget sama masa kecil gue. Gue jadi keinget game yang sering gue mainkan pas gue masih SD dulu: Harvest Moon. Game yang pernah bikin uang gue kian menipis, karena dulu gue mainkan game itu di rental PS. Game yang akhirnya berhasil gue tamatin setahun setelah gue maenin. Panjang banget cerita di game itu. Gue sampai sekarang masih suka maenin game itu. Sekali-kali buat nostalgia, atau buat mikirin Meima.
From all of that, she’s simple girl, I think.
Meima nggak pernah berpenampilan berlebihan. Dan, pas gue berdempet-dempetan dengan dia dulu, gue nggak sedikitpun nyium aroma parfum dari dia.
Gue seneng dengan hal itu. Apa emang gara-gara sifat tomboynya, dia nggak berpenampilan seperti anak cewek pada umumnya?
Gue ambil sisi positifnya. Gue inget sabda Nabi yang pernah nglarang anak cewek pake parfum dengan pikiran agar setiap orang di deketnya nyium aromanya itu.
Seperti yang sudah gue omongin tadi, kehadiran Meima di hidup gue terasa membawa perubahan pada kehidupan gue. Dulu, gue yang biasanya STMJ (Shalat Tapi Maksiat Jalan) kini menjadi STNK (Shalat Tuk Ngarep Keberuntungan). Paling nggak seperti itu lah.. *.*
Gue shalat malem. Selain berdoa buat keberuntungan gue buat ngedeketin Meima (nggak jelas banget), gue juga berdoa buat kebaikan Meima dan terutama buat kebaikan sahabat-sahabat gue dan juga untuk masa depan gue nanti. Tapi sejak kejadian yang bikin gue jadi paranoid waktu itu, gue pun jarang-jarang bangun dan shalat malem. Ada apa sebenarnya?
Gini ceritanya, gue pas itu bangun malem, dan rencana gue mau ambil air wudhu. Gue pun pergi ke kamar mandi, dan langsung wudhu. Tapi tiba-tiba gue nyium aroma bunga kamboja (elo pasti tahu kan itu pertanda apaan). Tapi, gue tetep enjoy aja waktu itu.
Eh, tiba-tiba ada kuntilanak ngakak di depan gue. (Bukan. Bukan separah itu. -_-)
Gue denger suara mengerikan yang bersumber dari luar rumah. Gue nggak bisa ngebedain itu emang suara makhluk aneh dari luar rumah, atau suara cacing di perut gue yang lagi demo.
Gue langsung kaget.
Dan gue spontan lari ke kamar gue dengan kecepatan tinggi. Gue nutup pintu kamar gue dengan keras. Dan gue pun langsung loncat dan terjun bebas ke atas kasur gue, dan langsung meluk-meluk guling gue dengan erat. Gue baca-baca ayat kursi sampai gue akhirnya ketiduran.
Konyol.
Gue nggak jadi shalat waktu itu. Sungguh penakutnya gue ini.
Shalat yang harusnya bisa menemboki gue dari hal-hal begituan, malah ga gue laksanain. Gue langsung tidur. Percuma deh gue ambil air wudhu tadi. Percuma deh gue bangun jam segitu dan justru ditakut-takutin.
Nyesek banget.
Tapi, gue masih wajar terhadap hal-hal begituan. Secara, rumah gue kan emang deket kuburan. Ngomongin kuburan di belakang rumah gue, gue masih pengen ngakak kalau nginget kata temen gue, Hummam, yang rencana pengen prakerin (praktek industri) di belakang rumah gue (baca:kuburan). Padahal sebetulnya yang dia maksud itu prakerin di Polytron yang sebetulnya juga letaknya di belakang rumah gue, tapi kan ada jarak yang jauh dari rumah gue. Kalau belakang rumah gue pas ya kuburan. Emang mau praktek apa di kuburan? Mau pasang lampu kedap-kedip di dalam liang kubur orang ya, biar kuburannya terang benderang.
Ngakak.
Hummam, lain kali tolong inget ya, belakang rumah gue itu kuburan. Jangan pernah coba-coba praktek industri disana tahun depan nanti. *plak*.
Sehabis gue ngalamin kejadian di malam itu, esoknya gue tanya ke temen rumah gue, Galih. Katanya itu suara pocongan.
“Hmm.. Ngeri juga ya? “ pikirku. -_____-
Gue kebiasa sih denger cerita mistis di perkampungan gue. Denger cerita begituan kayak denger dongeng, agak-agak nggak percaya soalnya nggak pernah ngalamin hal-hal mistis seperti ketemu sama makhluk-makhluk itu. Tapi, gue gak berharap gue dipaksa buat percaya, misal gue ketemu sama makhluk-makhluk itu. Gue nggak bisa ngebayangin gimana nasib gue pas ditemui mereka yang selalu tugas malem-malem, apalagi kalau gue sampai disamperin. Hasta la vista, baby ~
Gue pun ngebayangin...
Glek.
Sama-sama nggak enaknya.
Gue mencoba untuk gak pikirkan hal itu secara berlebihan. Gue akhirnya mencoba untuk tetep shalat malem terus. Dan gue coba yakinin, makhluk-makhluk itu juga gak ada urusan jika mau nyamperin gue. Paling-paling bukan guenya yang takut, tapi sononya yang gue harap takut. Gue emang mengerikan.
Dan ketakutan gue terhadap makhluk-makhluk itu tak sebanding dengan ketakutan gue untuk keburukan yang Meima terima. Apalgi, gue juga masih trauma sejak kejadian pelecehan yang dialami Meima. Itu yang sangat gue takutkan. Kalau masalah hantu, gue gak begitu peduli amat. Biarpun pas usaha gue nanti harus ketemu mereka juga nggak apa-apa.
At last...
Kehadiran Meima telah merubah paradigma kehidupan gue. Menggeser sedikit arah yang gue tuju untuk masa depan gue.

“Cinta adalah motivasi terbaik manusia. Manusia telah ditebarkan di muka bumi dengan dibekalkan rasa cinta. Cinta telah menemukan kembali adam dan hawa. Melalui cintalah manusia membina sahsiah dan menjadikan alam ini tempat yang terbaik untuk didiami.” (NN)

0 komentar:

Posting Komentar